Selasa, 04 Mei 2010

ANTARA PATOGEN, PARASIT DAN SAPROFIT

A. Pengertian dari patogen
B. Pengertian dari parasit
C. Pengertian dari parasit fakultatif
D. Pengertian dari saprofit
E. Pengertian dari saprofit fakultatif


Jawab:
A. Patogen adalah organisme yang mempunyai kemampuan menyebabkan penyakit dan biasanya pathogen dalam bentuk organism yang masih hidup oleh karena itu disebut pula penyebab dari faktor biotik.. Penyebab penyakit yang tergolong kedalam pathogen adalah organisme hidup yang mayoritas bersifat mikro dan mampu untuk menimbulkan penyakit pada tanaman atau tumbuhan. Organisme yang tergolong patogen adalah jamur, bakteri, virus, mikoplasma dan riketsia.
B. Parasit adalah hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya sedangkan Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang untuk kelangsungan hidupnya menggantungkan sebagian atau seluruh sumber energinya pada tumbuhan lain (disebut tumbuhan inang) dan mengakibatkan inangnya mengalami kekurangan energi (lihat artikel simbiosis). Dalam pengertian ini tidak termasuk persaingan antarorganisme, maupun pemangsaan yang dilakukan oleh beberapa tumbuhan insektivora.
C. parasit fakultatif adalah Tumbuhan parasit yang menggantungkan sebagian sumber energi pada tumbuhan inang. Parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contoh kelompok pertama ini misalnya mistletoe. Contoh kelompok kedua (parasit sejati) adalah tali putri (Cuscuta), benalu, dan padma (Rafflesia).
D. Saprofit merupakan jamur pelapuk dan pengubah susunan zat organik yang mati. Dengan kata lain saprofit adalah organisme yg hidup dan makan dari bahan organik yg sudah mati atau yang sudah busuk. Jamur saprofit mengeluar-kan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga mudah diserap oleh hifa. Contoh jamur saprofit yaitu biakan jamur Trichoderma dalam media aplikatif seperti dedak dapat diberikan ke areal pertanaman dan berlaku sebagai biodekomposer, yaitu dapat mendekomposisi limbah organik (rontokan dedaunan dan ranting tua) menjadi kompos yang bermutu.

E. Saprofit fakultatif . Fakultatif artinya tidak mutlak atau kadang-kadang Jadi (organisme) saprofit fakultatif adalah (organisme) yang kadang-kadang hidup dari bahan-bahan organisme lain yang sudah mati. Mungkin pada saat yang lain organisme tersebut hidup secara parasit, epifit, atau bisa membuat makanan sendiri (fotosintesis).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar